Thursday, February 16, 2012

Sugestif Kata Tapi


Sugesti Kata Tapi

Saya bisa sih …. tapi saya kurang percaya diri, kamu itu pintar... tapi kok malas sih. Dear all sahabat pernahkah kalian mendengar percakapan seperti ini ?? atau mungkin juga pernah bercakap seperti ini baik terhadap diri sendiri (Self Talk) ataupun terhadap orang lain ?? Teringat nasihat seorang sahabat beberapa waktu silam yang mengatakan, “Kalau mau sukses harus tanpa tapi” hehe para sahabat apakah kalian menyadari betapa Hypnotic nya kalimat tadi, ini sangat menarik dan seketika memunculkan sekelumit pertanyaan di kepala saya, Sukses seperti apa yang harus tanpa tapi ?? Berapa orang yang disurvei sehingga tahu betul kalau mau sukses harus tanpa tapi?? Apakah resep Sukses hanya tanpa tapi?? Apakah tapi menjadi penyebab orang menjadi tidak sukses ?? Adakah tapi yang membuat sukses ?? Bagaimana penggunaan tapi yang membuat kita sukses ?? (ngomong-ngomong dalam artikel ini kita tidak membahas resep suksesnya ya, Tapi efek sugesti kata tapi ) Ok, mari kita berhenti di dua pertanyaan terakhir;
1. Adakah tapi yang membuat sukses ?
2. Bagaimana tapi yang membuat kita sukses ?

Dear all sahabat, kita semua pasti setuju semua yang diciptakan Tuhan pasti ada manfaatnya, begitupula dengan kata tapi, dia pasti memiliki kegunaan yang bermanfaat, tentunya kalian menjadi penasaran dan bertanya-tanya manfaat apakah yang ada dalam kata tapi ?? Langsung saja kita bahas, sekarang coba dirasakan dan diamati kalimat berikut ini, “Dodo emang ganteng sih, tapi …… dia jorok”. Sebelumnya saya mohon maaf bila ada diantara sahabat yang bernama Dodo, hehe ini cuma contoh secara acak ya, no heart feelling yoooo. Lanjut ….. Apa yang terlihat ketika merasakan dan mengamati kalimat tadi ?? Apakah “ganteng” nya atau “jorok” nya ?? (Sebelum lanjut membaca tolong dibaca sekali lagi kalimat diatas dan rasakan maknanya) Sekarang kita coba balik penempatan “ganteng” dan “jorok” nya. “Dodo emang jorok sih, tapi ….. dia ganteng”, sekarang bagaimana hasilnya ?? Anda pasti terkaget dengan perubahannya, dengan hanya dibalik apa makna yang muncul ?? “jorok”nya kah?? Atau “ganteng”nya ?? Yup, itulah sugesti kata tapi, penggunaan kata tapi diiringin intonasi yang pas menghapus penekanan sebelumnya menjadi penekanan kata sesudahnya.

Mari kita telaah, pada penggunaan yang pertama secara ajaib gantengnya dihapus oleh joroknya, kita jadi tidak memikirkan dia ganteng tapi… kita jadi memikirkan dia jorok. Pada penggunaan yang kedua kita jadi memikirkan ke gantengannya, secara ajaib joroknya terhapus dan tidak menjadi focus. Wow menarik bukan hanya dengan membalik penempatannya makna dan focus yang tertangkap jadi totally different.

Setelah tahu bagaimana manfaat kata tapi, ada baiknya kita berhati-hati menggunakan kata tapi,sejenak mari kita tengok penggunaan tapi yang tidak memberdayakan; “Tim kamu memang hebat, tapi bulan ini nol besar”, apa makna yang muncul ? hebatnya kah ? atau nol besarnya ? Lalu siapa yang bertanggung jawab bila nantinya tim yang tadinya hebat itu menjadi nol besar untuk seterusnya ??? Kita lihat lagi contoh berikutnya, “ Saya tahu saya bisa, tapi …. Saya tidak percaya diri.” Apa maknanya ? bisa ? atau tidak percaya diri ? Lalu siapa jadinya yang membuat saya jadi tidak percaya diri ? Coba kita ganti kalimatnya, “ Saya tidak percaya diri, tapi …. Saya tahu saya bisa.” Bagaimana maknanya ? Bagaimana rasanya ? Bukankah menjadi lebih enak ? Apa sekarang fokusnya tidak percaya diri atau saya tahu saya bisa? Menarik bukan, hanya dengan mengubah linguistiknya kita jadi merubah maknanya dan insyaallah sikap kita pun menjadi berubah, inilah yang menjadi focus ilmu Neuro Linguistic Program (NLP) bagaimana kata bisa memprogram syaraf dan merubah makna (yah sederhananya ya) Any way ngomong-ngomong masalah merubah saya bertanya-tanya bagaiamana pelajaran kata tapi ini bisa merubah dan bermanfaat bagi sahabat semua, sudah panjang rasanya artikel singkat ini, segera praktekkan sugesti kata tapi, dan rasakan perubahan nya.

Akhir kata saya menyadari sepenuhnya bahwa sempurna itu hanya milik Tuhan, atas ketidak sempurnaan artikel ini saya mohon maaf, oya bila sahabat penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak tentang NLP bisa klik www.antzinstitute.com . Ditunggu tanggapan, dan berita baik dari sahabat atas penggunaan sugesti tapi ini, salam.

0 comments:

Post a Comment

Open Panel

Label

Blogroll

Labels